Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 November 2019

Kegiatan Praktikum

Banyak orang yang belum tau apa itu analis kesehatan ? Pasti orang awam tahunya petugas di laboratorium itu adalah perawat. Padahal bukan, justru itulah yang dinamakan analis kesehatan, petugas yang memeriksan dan melakukan pengambilan darah terhadap pasien. kemudian hasil pemeriksaan tersebut diserahkan ke dokter untuk didiagnosa penyakit yang diderita pasien. Di Polteka Mangunwijaya Program Studi DIII Analis Kesehatan, mahasiswa mendapatkan mata kuliah teori dan praktikum. Praktikum dilakukan di laboratorium yang berada di dalam kampus polteka sendiri. Ada 3 laboratorium yaitu Lab kimia, medis, dan sitologi. Setiap laboratorium memiliki peralatan yang lengkap sebagai penunjang praktikum dengan kualitas yang sudah canggih, namun ada juga beberapa alat yang masih dioperasikan secara manual agar kami dapat melakukan pemeriksaan dengan kemampuan yang dimiliki. Keuntungan mengambil perkuliahan pendidikan vokasi yaitu tidak hanya teori saja namun praktikum juga mempunyai jam terbang lebih tinggi. Hal ini berarti bahwa kita tidak hanya dibekali ilmu secara teori namun juga diperbanyak dalam praktikum secara langsung. Disini kami benar benar dipersiapkan untuk melakukan pemeriksaan seperti di dunia kerja. Oya kebetulan jam kuliah kami dimulai dari pukul 3 sore dengan jadwal selesai yang berbeda setiap harinya.
Kegiatan Praktikum dilaksanakan 1 sks selama 2 jam ya teman - teman :)..  Nih ya saya kasih bocoran sedikit, jadi disini ada berbagai mata kuliah praktikum misalnya hematologi, disini kami melakukan pengambilan darah dengan teman semeja biasanya saling berpasangan, kemudian cara menghitung jenis sel darah, menghitung kadar hemoglobin, dll . Praktikum bakteri, kami dapat melakukan penanaman bakteri, kultur, dll. Tak hanya mengenai dunia medis , disini kami juga ada praktikum kimia mengenai analisa kualitatif uji kation anion dalam sampel serta analisa kuantitatif. Pada gambar diatas, kami sedang melakukan praktikum Media Reagensia. Dalam praktikum ini kami diajarkan cara pembuatan media untuk perkembangbiakan kuman ,pembuatan Reagen sebagai zat pereaksi ,serta proses sterilisasi, dan proses isolasi mikroorganisme.
Pembuatan media dan reagensia tentunya melalui tahap dan proses yang berbeda. Pada pembuatan media diperlukan proses sterilisasi karena digunakan untuk perkembangbiakan bakteri, sedangkan reagen tidak perlu proses sterilisasi karena hanya digunakan untuk mereaksikan suatu zat tertentu. 
Dalam setiap praktikum di kampus ini, kami selalu mendapatkan ilmu yang baru dan sangat berguna untuk diterapkan di dunia kerja. Tentunya kita harus menerapkan kedisiplinan, ketelitian,dan kecepatan dalam prktikum karena hasil pemeriksaan kami ini dapat dibilang menentukan nyawa seseorang, karena dokter dapat mendiagnosa penyakit berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah kami lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Novena SANTO YUDAS TADEUS

Rasul yang suci SANTO YUDAS TADEUS, pelayan dan sahabat Yesus yang setia, gereja semesta menghormati dan memohon padaMu sebagai penolong ...