Total Tayangan Halaman

Jumat, 08 November 2019

Kunjungan Industri PT Victoria Care Indonesia


Kegiatan perkuliahan tidak hanya dilakukan dalam gedung kampus, kami juga melakukan kegiatan dengan terjun langsung ke lingkungan luar yaitu kunjungan industri.Salah satunya yaitu mata kuliah Praktikum Kewirausahaan (KWU). Kali ini kami melakukan kunjungan ke PT Victoria Care Indonesia yang beralamat di Jalan Jendral Gatot Subroto Blok A -5/8 Kalipancur , Kec Ngaliyan ,Semarang. Perusahaan ini merupakan badan usaha yang  berbentuk Perseroan Terbatas dan bergerak di bidang produksi kosmetik, perlengkapan mandi dan perawatan kesehatan.Sejak berdiri  pada tahun 2007 PT. Victoria Care Indonesia telah mengantongi sertifikat Good Manufacturing Practice (GMP) atau Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari BPOM. Disini kami diajak berkeliling untuk melihat proses pembuatan produk dari mulai penimbangan bahan hingga pembuangan limbah. Terdapat berbagai ruangan yang memiliki fungsi tersendiri.  Ruang fisika digunakan untuk menimbang bahan , hal ini merupakan proses pertama kali yang dilakukan untuk membuat produk , ruangan ini juga digunakan tempat pengecekan pH  untuk produk lulur dan handbody. Selain itu ada juga ruang kimia yang digunakan untuk produksi dan pengolahan sediaan secara kimiawi, kemudian ada pula rak standar yang digunakan untuk pengujian kualitas mutu apabila dilakukan pengecekan ulang. Kemudian kami juga diajak untuk berkeliling ke ruang produksi , sebelum memasuki ruangan tersebut kami wajib menggunakan peralatan APD yang sudah disediakan seperti jas lab, topi, masker,dan covershoes. Disini terdapat 2 lantai yaitu lantai 1 digunakan untuk filling, pelabelan,dan packing. Sedangkan lantai 2 merupakan tempat produksi dalam skala besar. 
Pabrik ini memproduksi berbagai jenis produk kecantikan dari Herboris, Victoria, Miranda,dll.
Tujuan dari kunjungan industri ini adalah untuk memberikan gambaran nyata tentang seorang wirausaha dan karakteristik wirausaha tersebut, diharapkan pula mahasiswa dapat termotivasi untuk memproduksi barang atau sesuatu yang unik dan bermanfaat bagi masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Novena SANTO YUDAS TADEUS

Rasul yang suci SANTO YUDAS TADEUS, pelayan dan sahabat Yesus yang setia, gereja semesta menghormati dan memohon padaMu sebagai penolong ...